Searching...
28/12/11
12/28/2011 08:13:00 PM

”Twiddla” Sebagai Solusi Belajar yang Menyenangkan

Perkembangan teknologi telah menawarkan banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Dari hal yang dulu dianggap mustahil menjadi suatu gaya hidup baru. Melalui teknologi internet “Twiddla” membawa konsep presentasi biasa kedalam dunia maya. Kita bisa mencoba fasilitas-fasilitas untuk melakukan presentasi dengan membuka situs www.twiddla.com. Sebenarnya banyak situs yang telah menawarkan fasilitas presentasi online, tapi www.twiddla.com lebih banyak fasilitas menarik untuk mendukung belajar bersama atau berdiskusi dan presentasi secara online dimana peserta diskusi bisa terlibat secara aktif. Twiddla juga ingin merubah gaya pembelajaran yang dulu menggunakan papan tulis biasa digantikan oleh papan tulis yang ditampilkan dalam browser. Metode ini disebut dengan interactive whiteboard.

www.twiddla.com


Fitur-Fitur yang ditawarkan oleh pihak Twiddla sendiri memang memfokuskan untuk kepentingan presentasi secara online. Adapun fitur-fitur dari Twiddla adalah:

1.    Terdapat “Room” diskusi
Kita bisa membuat room atau ruangan yang ingin kita jadikan tempat diskusi dengan teman-teman kita. Pembuatan ruangan diskusi ini sendiri sangat mudah. Kita hanya butuh mendaftarkan akun kita ke www.twiddla.com dan membukan link verifikasi yang dikirim ke email yang kita daftarkan. Setelah aktif kita sudah menjadi administrator pada “Room” diskusi tersebut. Sebagai administrator pada ruang diskusi tersebut kita diberikan fasilitas untuk mengatur bagaimana teman-teman kita melakukan diskusi dalam ruangan tersebut. Apakah hanya presetasi satu arah ataukah multiple user yang dapat melakukan presentasi.

2.    Mengundang banyak teman
Dalam suatu presentasi atau diskusi tentu membutuhkan lawan bicara. Disini Twiddla memberikan fasilitas untuk meng-invite atau mengundang teman-teman yang kita kenal untuk bergabung dalam “Room” yang telah kita buat tadi. Undangan tersebut dikirim ke teman kita melalui email yang kita isikan pada form Invite. Kita diberi kebebasan untuk mengundang berapa banyak teman kedalam ruang diskusi kita.

3.    Tools untuk presentasi.
Saat kita telah membuat ruangan diskusi dalam ruangan diskusi tersebut telah disediakan banyak tombol yang berfungsi membuat suatu presentasi lebih menarik. Fitur-fitur tersebut mengadopsi tombol-tombol dalam aplikasi pengolah kata.

4.    Interactive Whiteboard
Fitur inilah yang coba diutamakan oleh pengembang Twiddla. Pada Room yang telah kita buat akan terdapat tiga menu utama yang akan tampil. Pertama menu yang berisi tombol-tombol yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata, kedua menu chating, dan ketiga adalah sebuah papan tulis interactive. Dalam papan tulis tersebut lah kita melakukan presentasi dan mencurahkan pikiran. Papan tulis tersebut dibuat semenarik mungkin, dimana pengguna room bisa meng-upload dukemn yang ingin dipresentasikan dan menampilkan dokumen tersebut pada papan tulis. Selain itu kita bisa membuka halaman suatu website dan bisa memberikan komentar pada papan tulis tersebut.

Untuk bisa menggunakan fasilitas tersebut sangat mudah. Seperti yang telah dijelaskan, kita hanya mendaftarkan akun kita untuk login di Twiddla dan untuk membuat ruang diskusi. Setelah kita berhasil login, akan ada pilihan tipe penggunaan. Apakah berbayar ataukah gratis?tentu pengguna dengan tipe berbayar akan mendapatkan fasilitas yang lebih mumpuni daripada pengguna yang bertipe gratis. Namun dengan fasilitas untuk pengguna gratis pun kita sudah bisa melakukan presentasi dengan baik.

0 comment:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda

 
Back to top!