Searching...
28/04/13
4/28/2013 08:32:00 AM

Penggunaan GDI+ Library Pada Visual Basic.NET

GDI+ adalah library pada .NET yang digunakan untuk membuat aplikasi grafis berbasis Windows dan Web yang dapat berinteraksi dengan perangkat grafis berupa printer atau monitor. Pada posting ini akan dijelaskan penggunaan GDI+ Library untuk membuat objek bangun ruang pada Visual Basic.NET


Graphical User Interface (GUI) berinteraksi dengan perangkat hardware seperti monitor, printer, atau scanner untuk menampilkan format yang dapat dibaca oleh manusia, tetapi tidak ada program yang dapat mengakses perangkat hardware tersebut secara langsung, maka dibuat user interface agar pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat-perangkat tersebut.

Untuk membuat user interface tersebut harus digunakan third component sebagai jembatan antara program dan perangkat keras, maka dibuatlah komponen GDI+ library, dengan komponen tersebut anda dapat menampilkan output berupa text dan gambar ke perangkat hardware. Library GDI+ sudah tersinstall secara default pada sistem operasi yang berlokasi di class library dengan nama Gdiplus.dll. Gdiplus.dll. GDI+  memiliki kemampuan untuk mengolah grafik vector dua dimensi (garis), imaging(bitmap) dan typography (font) pada Layar maupun Printer

Dengan GDI, programmer tidak perlu mengetahui detail dari masing-masing peralatan untuk menampilkan grafik diatasnya, tetapi cukup menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh GDI+ class. 


Hasil Akhir
Pada posting kali ini akan dijelaskan proses pembuatan objek 2 Dimensi memanfaatkan GDI+ library dan Visual Basic.Net. Hasil akhir dari tutorial ini adalah seperti gambar disamping :













1. Buat project baru Visual Basic.Net
Setelah project baru terbentuk, masuk ke opsi "View Code".



2. Tulis sintak berikut
Tulis sintak berikut didalam class Form1,
Imports System.Drawing
Imports System.Drawing.Drawing2D
Imports System.Windows.Forms
Public Class Form1
    Inherits System.Windows.Forms.Form
    Protected Overrides Sub OnPaint(e As PaintEventArgs)
     
        Dim graphPath As New GraphicsPath
        graphPath.AddEllipse(50, 50, 150, 200)
        Dim blackbrush As New SolidBrush(Color.Black)
        e.Graphics.FillPath(blackbrush, graphPath)
    End Sub
End Class
Tiga sintak pertama adalah perintah untuk menggunakan namespace-namespace yang akan digunakan. System.Drawing adalah namespace yang digunakan untuk penggunaan GDI+ Library. System.Windows.Forms adalah class komponen Form yang akan diinherit pada class Form1.

Selanjutnya adalah proses pendeklarasian. Method OnPaint. method OnPaint bersifat method Overide. Variable graphPath adalah variable yang digunakan untuk membentuk objek lingkaran. Variable blackbrush adalah variable yang berfungsi untuk memberi warna hitam pada objek.

3. Buat Class Baru
Buat sebuah class baru, lalu tambahkan sintak berikut :
Public Class Class1    Public Class FillPath        Public Shared Sub main()
            Application.Run(New Form1)
        End Sub    End ClassEnd Class 
 Pada Class1 berisi perintah untuk menampilkan Class form1 saat program dijalankan.

Nah, cuma 3 step kita telah berhasil membuat sebuah objek lingkaran berwarna hitam dalam sebuah form.

Selamat mencoba :)

0 comment:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda

 
Back to top!