Searching...
04/03/14

Persiapan dan Perawatan PC

PC adalah perangkat yang umum digunakan setiap hari. Pengguna PC harus memperhatikan kebersihan PC. Karena kebersihan PC dapat menjamin performance PC tersebut. Berikut, pada posting ini akan disampaikan peralatan yang harus disiapkan. Dan selanjutnya kita akan belajar membersihkan sendiri PC kita.








Persiapan dan Perawatan PC
Perawatan PC

Perlatan yang disiapkan

Sebelum membersihkan PC, siapkan peralatan yang dibutuhkan. Agar pembersihan berjalan dengan benar. Ini beberapa peralatan yang sering digunakan:


1. Tang

Biasanya jenis tang yang diperlukan untuk keperluan perawatan komputer adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut biasanya digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper kecil. Sedangkan tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluanlainnya.

2. Kuas

Kuas digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada periferal (komponen) komputer. Komponen yang sering terkena debu adalah keyboard karena debu dan kotoran suka terselip di selah-selah tombol keyboard.

3. Kain kering atau tisu

Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat percikan minuman atau tinta yang terdapat pada komponen komputer.

4. Cairan pembersih

Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah kering dan melekat seperti pada layar monitor atau tinta pada body printer.

5. Penyedot debu mini

Penyedot debu mini ini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu ini lebih mudah dan lebih bersih dalam menghilangkan debu dan kotoran. pada ujung penyedot mini ini dilengkapi sikat dengan ukuran yang beragam yang dimaksudkan untuk disesuaikan dengan luas sempit celah-celah pada komponen.

6. CD Cleaner

CD Cleaner berfungsi untuk memebersihkan Head CD Drive atau lensa dengan cara menggosk bagian yang berdebu atau kotor dengan cariran pembersih yang memanfaatkan putaran.

7. Obeng

Obeng merupakan peralatan penting yang perlu dipakai untuk melakukan perawatan pada komputer. Karena dengan alat ini kita mampu dengan mudah membuka dan melepas komponen dalam komputer.

Langkah-langkah membersihkan PC

Setelah semua peralatan siap,  sekarang saatnya kita membersihkan PC. Perlu diperhatikan lepaskan semua kabel yang terhubung dengan sumber listrik supaya tidak kesengat listrik, misal keyboard, mouse, monitor dan printer. Pastikan tak ada lagi kabel menuju cpu dari power supplay.


membersihkan PC
Membersihkan PC

1. Bersihkan power supply unit (psu) karena debu dapat membuat temperatur didalam power supply naik, apalagi bisla sampai putaran pada kipas psu tidak bergerak optimal dan tak terlumasi dengan baik. Lepaskan kabel psu yang menuju mainboard, lepaskan baut-baut yang mengikat psu pada casing, bila masa garansi psu anda telah berakhir maka tak perlu ragu untuk membuka penutup psu, langkah ini akan mempermudah anda membersihkan psu, bersihkan seluruh debu dengan kuas kecil yang lembut dan tiup dengan kompresor bertekanan rendah atau dengan alat peniup (blower). Semprot bearing pada kipas dengan wd40, teteskan minyak pelumas pada bearing kipas. Pasang kembali tutup body psu.

2. Bersihkan ram, harddisk, cd rom. Lepas semua komponen tersebut dari dudukannya. Bersihkan debu yang menempel pada permukaan komponen-komponen tersebut. Khusus untuk ram, perhatikan kaki-kaki konektor yang berwarna keemasan, bila warna kakinya terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan penghapus pensil, dan lihat hasilnya, kaki-kaki konektor ram akan mengkilat, kondisi ini akan memperbaiki kualitas hantaran antara ram dengan mainboard.

3. Bersihkan mainboard. Tampak yang tersisa di casing mungkin hanya tinggal mainboard. Lepaskan seluruh baut yang mengikat mainboard dengan casing, lakukan secara hati-hati agar mata obeng tidak merusak mainboard. Bersihkan mainboard dari debu yang menempel dengan kuas secara perlahan dan hati-hati. Perhatikan slot-slot konektor seperti slot untuk ram, pci, pci-ex dan lainnya, pastikan tak ada debu yang menyelinap didalam slot-slot tersebut. Bersihkan pula permukaan belakang mainboard.

4. Bersihkan heatsink procesor. Bagian ini adalah bagian yang sangat beresiko. Lepaskan pengikat heatsink dengan mainboard. Angkat perlahan heatsink dari dudukannya, biasanya thermal paste yang ada dibawah permukaan heatsink akan merekat erat dengan procesor, bila terasa sulit untuk mengangkat heatsink dari dudukannya, lakukan dengan memutar-mutar heatsink secara perlahan. Setelah heatsink terlepas, bersihkan kipas dari debu dan lumasi bearing kipas seperlunya. Bersihkan sisa-sisa thermal paste pada permukaan heatsink.

5. Bersihkan procesor, lepaskan procesor dari dudukannya, bersihkan sisa thermal paste yang melekat, dan pastikan tak ada debu yang menyelinap pada dudukan procesor.

6. Bersihkan casing. Setelah tak ada peripheral yang tersisa didalam casing, bersihkan semua bagian casing dari debu, bila diperlukan, gunakan cairan pembersih serbaguna yang banyak terdapat di toko-toko serba ada.

7. Rakit kembali. Setelah semua bersih, pasang kembali semua komponen. Dimulai dari pemasangan procesor, beri thermal paste secukupnya jangan terlalu banyak, pastikan seluruh permukaan procesor tertutupi secara tipis oleh thermal paste. Lanjutkan dengan memasang seluruh komponen dengan urutan terbalik ketika membongkarnya.

8. Nyalakan cpu. perhatikan process yang berjalan, pantau suhu procesor dan pastikan seluruh kipas berfungsi. Selamat mempraktikkannya..!



0 comment:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda

 
Back to top!