Searching...
07/07/13
7/07/2013 10:56:00 PM

Berkenalan dengan Windows 8

Microsoft secara resmi telah meluncurkan Windows 8 sebagai sistem operasi terbarunya pada 26 Oktober 2012. Kini, Windows 8 menjadi banyak diperbincangkan oleh pengguna dan Developer. Apa saja fitur-fitur yang kita dapat pada Windows 8??

Bersiaplah Windows 8 akan mengubah cara kita berkomputer. 


1. The Power of Touch

Banyak pengguna yang terbiasa menggunakan beberapa sistem operasi Windows. Pada Windows 8 tetap memiliki perintah-perintah yang sama dengan versi Windows sebelumnya. Hanya saja mungkin ada beberapa  perpindahan letak opsi tersebut. Perubahan terdapat pada tampilan awal Windows 8. Dengan tampilan yang dikenal dengan Metro UI atau Modern UI pengguna yang belum terbiasa akan sedikit mengalami kesulitan. Namun perubahan tampilan awal pada Windows 8 ini menggambarkan keseriusan Microsoft dalam memfasilitasi perangkat layar sentuh (baca:touch screen)


Dalam peluncurannya, Windows 8 memiliki beberapa versi yaitu :
  1. Windows 8
  2. Windows 8 Pro
  3. Windows 8 Enterprise
  4. Windows RT
Untuk 3 versi awal,merupakan versi yang dapat digunakan pada PC. Sedangkan Windows RT adalah versi Windows 8 yang support terhadap perangkat yang mendukung ARM processor(smartphone,tablet, surface).

2. Beautifull and Fast

Perubahan akan semakin terasa saat muncul Start Screen. Tidak ada lagi Start menu seperti pada versi Windows sebelumnya. Start Screen tampil dengan desain yang memudahkan penggunaan layar sentuh. 

Windows 8 memperkenalkan bebarapa fitur dan tampilan baru. Tampilan baru tersebut sangat terasa saat awal perangkat kita berjalan. Windows 8 menghadirkan tampilan yang bersih saat perangkat dalam keadaan Locked. 

Gambar disamping adalah tampilan Lock Screen pada Windows 8. Pada layar terdapat informasi waktu, tanggal dan beberapa notifikasi dari PC. Dengan desain yang simple informasi lebih mudah disampaikan. Gambar background dapat dikostumasi melalui PC Settings yang terdapat pada Charm Bar.

Tekan tombol pada keyboard untuk menonaktifkan Lock Screen dan akan menampilkan User Account. Pada perangkat mobile geser ke atas dari Lock Screen, maka akan menonaktifkan Lock Screen. 

Perubahan akan semakin terasa saat muncul Start Screen. Tidak ada lagi Start menu seperti pada versi Windows sebelumnya. Start Screen tampil dengan desain yang memudahkan penggunaan layar sentuh. Aplikasi-Aplikasi yang terinstall pada PC akan ditampilkan dalam grid dengan ukuran icon yang cukup besar. Pada Start Screen tidak akan ditemui vertikal scroll bar. Pengguna akan mendapatkan pengalaman baru dengan menggunakan horizontal Scroll. 

Untuk beberapa aplikasi dari Windows Store akan menampilkan Live Notification. 









Salah satu fitur yang sangat menarik dari Windows 8 adalah fitur Charm Bar. Fitur ini akan tampak saat kita memfokuskan mouse kita pada sisi sebelah kanan layar. Terdapat 5 opsi yang disematkan pada fitur Charm Bar, yaitu :
  1. Search
  2. Share
  3. Start
  4. Devices
  5. Settings
1. Search 
Fitur Search yang terdapat pada Charm Bar merupakan pengganti fitur Search pada Windows 7 dan Vista. Namun, dengan kemampuan yang lebih baik. Fitur Search pada Windows 8 menjadi perhatian khusus bagi Developer karena dapat diintegrasikan dengan Aplikasi berbasis Windows Store.

2. Share
Fitur Share merupakan fitur yang berguna untuk membagikan konten dari sebuah Aplikasi Windows Store (Metro Apps). Fitur Share juga menjadi perhatian khusus bagi Developer karena dapat meningkatkan kemampuan aplikasi yang akan dibuat.

3. Start
Fitur Start akan membawa kita kembali ke Start Screen jika sedang berada pada sebuah Aplikasi, atau akan masuk ke Aplikasi terbaru jika sedang berada pada Start Screen.

4. Device
Fitur Device akan memberikan informasi perangkat yang sedang terhubung pada PC / Smartphone. Selain itu  pengguna dapat melakukan konfigurasi pada tiap perangkat-perangkat yang tampil pada fitur Device.

5. Settings
Settings memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan pengaturan PC atau smartphone. Pada fitur Settings terdapat menu Help dan PC Info. Menu-menu tersebut mempermudah pengguna untuk mengetahui detail informasi dari PC.

3. Windows 8 Application

Bagi para Developer, kemunculan Windows 8 Apps memberikan banyak peluang.
Bersamaan dengan dirilisnya Windows 8, Microsoft juga memperkenalkan Windows 8 Apps(dulu Metro Apps). Applikasi-aplikasi ini berbasis Windows 8. Sehingga dapat berjalan pada Device yang menggunakan Sistem Operasi Windows 8 dan Windows RT.

Bagi pengguna yang memiliki Aplikasi konvesional tidak perlu khawatir apakah aplikasi-aplikasi yang bukan termasuk Windows 8 Apps masih bisa berjalan pada Sistem Operasi Windows 8?? Pada versi Windows 8, pengguna masih bisa menikmati aplikasi-aplikasi yang bukan kategori Windows 8 Apps. Namun pada Windows RT hanya dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Windows 8 Apps.

Bagi para Developer, kemunculan Windows 8 Apps memberikan banyak peluang. Karena Microsoft juga menyediakan Windows Store. Melalui Windows Store para pengembang dapat memasarkan Aplikasi-Aplikasi yang telah dibuat, tentu aplikasi-aplikasi tersebut harus memenuhi beberapa kriteria sehingga dapat masuk ke Windows Store. 

0 comment:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda

 
Back to top!