Searching...
11/07/13

Memulai Pengembangan Windows 8 Apps

Bersamaan dengan dirilisnya Windows 8, Microsoft memperkenalkan Windows 8 Apps. Windows 8 Apps yang pada awal peluncurannya dikenal dengan nama Metro Apps ini membawa konsep baru dalam proses pengembangannya. Apa saja yang baru dan berbeda dari Windows 8 Apps ini?? Apa saja yang harus dipersiapkan?? Mari berkenalan lebih dalam dengan Windows 8 Apps.


Windows 8 Apps Architecture
Windows 8 Apps Architecture

1. WinRT API

WinRT adalah lingkungan eksekusi bagi aplikasi Windows 8 App. Pada versi Windows sebelumnya, aplikasi-aplikasi berjalan menggunakan Win32. Dengan dukungan terhadap WinRT ini Windows 8 semakin flexible untuk menjalankan aplikasi. Pengguna masih bisa menikmati aplikasi konvesional yang bisa berjalan pada versi Windows sebelumnya.

WinRT API mendukung konsep berorientasi pada objek, sehingga bahasa pemrograman dinamis dapat berjalan di atas WinRT ini. WinRT menyediakan layanan menjebatani fungsi-fungsi dasar pada Sistem Operasi Windows 8 dengan Windows 8 App. Sehingga Windows 8 App dapat memanfaatkan fitur-fitur pada Sistem Operasi dengan sangat mudah. Tentu ini sangat memudahkan kerja pengembang.

2. Windows 8 Apps Design & Concept

Windows 8 Apps hadir dengan konsep baru dalam segi desain aplikasi. Banyak hal baru yang akan ditemui pada desain Windows 8 Apps. Terdapat beberapa konsep yang perlu dipahami saat ingin mengembangankan Windows 8 Apps.

A. Content before Chrome
Konsep Content before Chrome
Pada aplikasi-aplikasi sering kita temui banyak komponen tombol, tab, komponen input dll. Pada Windows 8 Apps penggunaan komponen komponen tersebut akan sangat dikurangi. Sehingga konten menjadi hal utama pada Windows 8 Apps.

B. Typograph is King
Tipografi atau tatahuruf merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. http://id.wikipedia.org/wiki/Tipografi  
Typography is King
Typography is King
Pemilihan huruf, penempatan huruf pada Windows 8 Apps perlu diperhatikan. Konsep Typograph is King merupakan konsekuensi dari konsep Content before chrome. Dengan konsep ini pemilihan jenis font dan penataan huruf akan berdampak signifikan pada desain Windows 8 Apps.

Seperti tampak gambar disamping, pemilihan ukuran dan warna pada konten menjadikan konten menarik saat menggunakannya.

C. Design for Touch
Kita ketahui Windows 8 hadir untuk memfasilitasi perangkat-perangkat layar sentuh. Akibatnya dalam proses pengembangan Windows 8 Apps perlu memperhatikan komponen-komponen yang mudah digunakan pada perangkat layar sentuh.

D. Charmbar & Contract
Windows 8 menyediakan fitur baru bernama Charmbar. Fitur ini terletak pada bagian kanan perangkat kita. Windows 8 Apps memiliki kemampuan untuk dapat berinteraksi dengan fitur ini. Windows 8 Apps dapat memanfaatkan fitur Search dan Share yang terdapat pada charmbar atau disebut Contract. Fitur Search Contract menjadi fitur pencarian pada Windows 8 Apps, dan kita bisa menggunakan fitur Share Contract untuk berbagi konten Windows 8 Apps.

Search contract
3. C++??C#??VB.Net?? Or HTML5??

Banyak pilihan bahasa pemrograman yang digunakan pada pengembangan Windows 8 Apps. Dengan dukungan WinRT, pengembangan dapat memilih bahasa pemgroman yang berorientasi objek seperti C#. Selain itu bagi para Web Developer dapat menggunakan HTML5 untuk mengembangkan Windows 8 Apps.  Pemilihan bahasa pemrograman tersebut akan bedampak pada penggunaan toolkit komponen yang digunakan. Jika memilih C++, C# atau VB.Net kita dapat menggunaakan XAML sebagai toolkit komponennya. Untuk HTML kita dapat menggunakan WinJS dan CSS3.

Hal ini membuat pengembang tidak perlu mempelajari hal-hal baru. Hanya saja pengembang harus terbiasa menggunakan API dan library-libray yang tersedia.

4. Windows Store

Windows store merupakan marketplace untuk Windows 8 Apps. Disini para pengembang dapat memasarkan aplikasinya baik berbayar maupun gratis. Windows store merupakan solusi untuk mengurangi pembajakan aplikasi. Semua perangkat yang telah terinstal Windows 8 sudah dilengkapi fitur Windows store. Tentu dalam proses submit ke Windows Store ada beberapa tahap yang harus dilalui. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna saat menggunakan Windows 8 Apps

0 comment:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa tinggalkan komentar anda

 
Back to top!